Senin, 10 Oktober 2011

Pengantar Teknologi Informasi KOMPUTASI

Referensi :
Santika WP
Departemen Teknik Informatika
Institut Teknologi Bandung

 KOMPUTASI

Pengertian Dasar
  •  Komputerisasi
–  masukan data, proses, dan simpan informasi dalam komputer atau keluarkan
– masuk ke dalam lingkungan masyarakat yang dikelilingi sistem-sistem berbasis komputer (ubiquitous)
–  to carry out, control, or conduct by means of a computer.
– Contoh ubiquitous systems: hand phone, personal digital assistance (PDA) / personal entertainment

    organizer (PEO).
  • Komputerisasi, connections:
– broad band & connectivity - sistem berbasis komputer dapat disambung ke internet
– miniaturization - sistem berbasis komputer akan makin kecil
– personalization - perusahaan pembuat akan menciptakan berbagai jenis pilihan,

    warna, dll. Sesuai selera komsumen
– mobility - sistem bersambung ke layanan mobile
– portability - sistem bisa dibawa kemanapun
– multimedia - palm pilots dirancang untuk dapat akses

   pada media beragam: graphics, text, voice
  • Apa arti
– Calculation ?
– Compute ?
– Computing [general-purpose] ?
– Computation ?
– Automation / Otomation ? 

  • Beda antara:
– Universal [computation] ?
– Non Universal [computation] = komputasi dengan metoda yang jelas. 
 
  • Contoh
– Misalkan harga pizza 20000 rp., dipotong jadi 8
   • makan sepotong, bayar 2500
   • makan 2 potong, bayar 5000
   • makan 4 potong, bayar 10000
– Harga(/p) = 20000 / 8
– Pizza berbentuk lingkaran, radius r
– Luas pizza [lingkaran] = p x r2
– Luas sepotong pizza = 1/8(p x r2)
– Bila r=20 cm, berapa harga per cm2 ?
– Komputasi universal / non universal ?
 


• Entry: computation
• Function: noun
• Definition: calculation
• Synonyms: ciphering, computing, counting, data
processing, estimating, estimation, figuring, guess,
reckoning, summing, totaling
• Antonyms: conjecture, guessing, guesswork
• Concept: mathematical reasoning
• Source: Roget's Interactive Thesaurus, First Edition (v 1.0.0),Copyright
© 2003 by Lexico Publishing Group, LLC. All rights reserve



Pemrograman

  • Program ~ å instruksi untuk komputer 
  • Pemrograman ~ aktifitas runut pembuatan
    program:
    – Pendefinisian masalah
    – [Deskripsi metoda formal]
    – Penyusunan algoritma [/flowchart]
    – Penulisan instruksi (coding) menggunakan sebuah
    bahasa formal
    – Uji coba & perbaikan kesalahan (debugging)
    – Run program
    – Dokumentasi
  • Algoritma (algorithm) ~ pseudocode
    – (rules) untuk menyelesaikan suatu masalah
    – Langkah-langkah logis dideskripsi tekstual dengan
    pola baku untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Program
    – Hasil koversi algoritma ke kode [bahasa program].
    – Spesifikasi rinci sebuah komputasi.
  • Bahasa Program
    – Sebuah notasi untuk mendeskripsi sebuah
    program.
  • Diagram alir (flowchart)
    – program flowchart: hasil
    konversi sebuah algoritma
    dengan menggunakan simbol
    baku [ANSI/IBM]
    – system flowchart
  • Struktur baku flowchart
    – Runtut (sequential / linear)
    – Alternatif/pilihan/seleksi
    (alternative/selection)
    – Berulang (loop/repetition)
  • Generasi Bahasa Program
    – [www.cs.qub.ac.uk/~J.Campbell/myweb]
    – G-0 [ …. 1954]: mesin, asembli
    – G-1 [54 - 58]: FORTRAN, ALGOL
    – G-2 [59 - 61]: COBOL, APL, LISP
    – G-3 [62 - 70]: BASIC, PL/I, Pascal, SIMULA
    – G-4 [70 - 80]: Smalltalk, C, Prolog
    – G-5 [80 - 2000 ?]: Modula, Ada, C++, Miranda,
    Dephi, Perl, Agent-Tcl, Java, Web-oriented.
    – G-6 [2001 …… ] ??
  • Imperative / algorithmic Paradigm
    – program dipandang sebagai rentetan instruksi (imperative
    [Latin] = imperare to command); komputer diperintah untuk
    mengerjakan sederet step, tiap step ada perubahan dalam isi
    dan status tiap elemen memori.
    – Secara implisit atau eksplisit program yang dibuat berbasis
    pada konsep arsitektur komputer von Neumann.
    – Struktur program merupakan kombinasi dari pola-pola:
    · Sequence.
    · Selection.
    · Repetition.
    · Procedural Abstraction
    · Procedural Abstraction with parameter(s).
  • Declarative Paradigm
    – Program merupakan kumpulan declarations of
    functions, and/or facts
    • PROLOG. Predicate logic.
    • Functional. Functions and application of these functions.
    – Declarative ~ mean that we achieve a program
    simply by declaring the specification of length.
    – Functional ~ mean a pure mathematical
    function, [one which takes an argument and
    returns a result - no side-effects such as change
    of state (memory contents)].
  • Object-oriented Paradigm
    – Dalam bahas yang murni OO, objects adalah
    separate entities yang merepresentasikan state
    and the means to compute.
    – Filosofi
    • OOA + OOD = OOAD
    • OOL : C++, Java, Modula-2, Newton Script, ADA
    • OOP
    • OODB --> OODBMS
    – C++ dapat dipandang sebagai sebuah bahasa
    hibrid, imperative/object-oriented language
  • Metode Terstruktur
    – ~ metodologi berdasar pada structure & discipline
    bagaimana membuat sebuah program: bentuk /
    pola, proses desain, pengkodean, dan uji coba.
    – Objektif
    • readability
    • efficiency
    • reliability
    • discipline (systematic & integrity)
    • reduce cost
    – GOTO-less programming
Metode & Teknik
  • Metode Modular
    – ~ organizing a program into small, independent
    units [modules].
    – Goals
    • Cacah program menjadi bagian-bagian kecil.
    • Cacah masalah menjadi lebih kecil & sederhana.
    • Verifikasi kebenaran penggunaan tiap modul program
    independently sebagai bagian dari sistem lebih besar.
    – Properties
    • tiap modul: simple, closed, discrete & visible, separately
    testable
    • tiap modul hanya memiliki single entry & exit point.
  • Metode Stepwise Refinement
    – Proses dikerjakan dengan runtutan langkah pasti
    – Tiap langkah jelas kaitan tasks & struktur data
    – Rincian tiap langkah
  • Metoda Top-down / Bottom-up
    – Designing, coding, and testing sebuah program
    dengan tahapan progresif.
    – Dihasilkan runtut tahapan yang structured &
    modular
    – Makin bawah modul = subfunctions yang
    mendefinisikan tasks makin detil
  • Teknik Diagram
    – Kategori
    • overview system analysis
    • program architecture
    • program detail
    • data structures
    – Tipe
    • DFD, functional decomposition, structure charts
    • HIPO, Warnier-Orr, Michael Jackson
    • flowchart, pseudocode, Nassi-Schneidermann
    • action diagram, decision tree, decision table
    • data structure, ERD, HOS charts, IDEF
  • Diagramming tools
    – AutoSketch;                    CorelDraw
    – Designer;                        EasyFlow
    – FlowModel;                     Illustrator
    – PHOTO-PAINT;             Photoshop
    – PowerPoint;                     netViz
    – QA-Flow;                         Schematic;
    – SiteMapper;                    SmartDraw
    – TeamFlow;                       Visio Technical
    – Visual Thought;               WBFlow
Struktur Data
  • Data structure
    – Cara penyimpanan data dalam komputer sehingga
    dapat digunakan secara efisien.
    – Pemilihan struktur data sangat pendting dalam
    desain program [pemrograman].
  • Abstract data type (ADT)
    – Struktur data dan operasi-operasi yang dapat
    dilakukan pada data tersebut.
    – Sebuah class dalam OOD = ADT, classes memiliki
    sifat-sifat tambahan (inheritance and
    polymorphism) not normally associated with ADTs.
  • Data Model
    – Hasil proses desain basisdata yang dapat dipakai untuk
    mengidentifkasi dan mengorganisasi data yang dibutuhkan
    logically & physically.
    – Data model akan menunjukkan semuainformasi yang harus
    terkandung dalam basisdata, bagaimana cara
    penggunaannya, dan bagaimana setiap item database akan
    terkait satu sama lainnya.
  • Data warehouse
    – Kumpulan terpadu data perusahaan, dapat diakses oleh
    business managers, administrators, service providers &
    researchers yang berhak untuk: dianalisis, menghasilkan ad
    hoc queries & reports, dan cara pemeliharaan data subsets.
  • Jenis [http://en.wikipedia.org/wiki/Data_structure]
    – Linear data structures:
    • list - array [bitmaps: images, heightfields/Digital Elevation Model]
    • linked list - skip list
    • Hash table
    • Stack [LIFO]
    • Queue [FIFO]
    • Deque
    – Graph data structures
    • Scene graph
    • Tree: AVL, binary search, B, Parse, Red-black, Splay, Heap, String
    trie, Suffix trie  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar